Latest Updates

Kota Tua Ampenan


Kota tua, hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki sejarah masa lalu, ini terlihat dari peninggalan-peninggalan yang ditinggalakan, seperti prasati, teks kuno, arsitektur dan lain sebagainya.
Kota tua yang saya ingin ceritakan adalah kota Ampenan yang berada di Lombok, beberapa waktu lalu saya menyempatkan jalan-jalan ke sudut-sudut lorong kota ini, tampak terlihat sangat jelas jejak-jejak peninggalan sejarah yang menjadi saksi betapa sibuknya kota ini pada zaman dulu sebagai pusat ekonomi bisnis di daerah ini.


Tembok-tembok yang telah lapuk dimakan usia membuatnya semakin eksotis, kota tua Ampenan ini dahulunya adalah pelabuhan besar sebagai pusat perdagangan dari berbagai daerah dari seluruh Indonesia dan bahkan dari luar negeri, hal ini terlihat dari banyaknya etnis yang sudah menetap di kota Ampenan ini, seperti Arab, Tionghoa, Bugis, Melayu, Bali, Banjar dan lain-lain. Ketika kita berkunjung ke Ampenan rasanya seperti hidup di zaman masa lampau, karena bangunannya masih terjaga serta berfungsi sebagai pusat perdagangan.


0 Response to "Kota Tua Ampenan"

Post a Comment