Latest Updates

Hobi yg bikin kantong tebal


Halo ketemu lagi nih, hari ini saya ingin berbagi tentang hobi, yang bisa bikin kantong tebal, boleh dicoba. Oke ide bisnis yang pertama nih bagi yang suka buku, bisa memulai bisnis sebagai editor, penerjemah dan pereview, saya akan bahas satu hobi saja ya.
Editor

Banyaknya penerbitan buku bermunculan merupakan kesempatan emas bagi para editor lepas, iya karena penerbit juga membutuhkan editor sebelum menerbitkan sebuah buku yang layak untuk dibaca, jadi sampai kapan pun peluang menjadi editor lepas sangat terbuka lebar, selama penerbit masih ada di dunia ini, buktinya industry buku setiap tahun semakin menjamur.


Mau tahu nih, berapa sih penghasilan seorang editor itu? Hmm kalau masalah ini, tergantung penerbitnya, tetapi biasanya untuk mengedit buku tebalnya berkisar antara 100-200 halaman, bayarannya bisa Rp. 750.000-Rp. 1.500.000, itu baru satu buku saja, belum lagi kalau orderannya banyak, bisa buat tabungan makin banyak nih.
Oke, sekarang syarat jadi editor itu gimana sih? Syarat utamnya adalah harus mengerti tata bahasa Indonesia sesuai dengan EYD, bisa menulis, punya email, punya komputer, suka baca buku.
Berikut beberapa penerbit yang bisa dicoba:
Bumi Aksara
Jl. Sawo Raya 18, Jakarta
Galang Press
Jl. Anggrek 3 / 4 Baciro Baru, Yogyakarta
Gramedia Pustaka Utama
Jl. Palmerah 33-37, Jakarta
Zahara Publishing House
Jl. Batu Ampar III No. 14 Condet, Jakarta Timur
Penerbit Mizan
Jl. Cinambo No. 135, Cisaranten Wetan Ujung Berung, Bandung

Dan penerbit buku lain-lain yang tersebar di seluruh Indonesia bisa dicoba, mudahan berhasil ya J

0 Response to "Hobi yg bikin kantong tebal"

Post a Comment